Rabu, 15 Februari 2012

Logam, kode, daging: Mengapa kita perlu deklarasi hak internet


Logam, kode, daging: Mengapa kita perlu deklarasi hak internet
Internet, sebagai makhluk hidup yang merupakan bagian manusia, harus memiliki hak sendiri.
oleh:Nicolas MendozaNicolas Mendoza adalah seorang sarjana, seniman dan peneliti di media global dari The University of Melbourne.

Chiang Mai, Thailand - "OH $% # @", membaca tulisan di bawah gambar yang menggambarkan sekelompok pengunjuk rasa mengenakan topeng Guy Fawkes dan menahan tanda-tanda baik humoris dan yg mengadu, "adalah internet di sini".Keterangan ini tidak hanya menyampaikan sentimen yang mendorong anggota Kongres AS untuk menjatuhkan dukungan mereka terhadap Sopa (Stop Pembajakan UU Online) dan PIPA (Protect Act Kekayaan Intelektual) tagihan, tetapi juga dapat dikatakan untuk meringkas analisis pemadaman 18 Januari oleh beberapa para ahli media yang paling menonjol dan ulama.


 
Acta: The Sopa baru?Larry Downes fasih menggambarkan Januari 18 kejadian sebagai "pengenalan dramatis politik bitroots". Dalam kasus kebocoran, mata air dan pekerjaan tahun 2011 meninggalkan setiap ruangan untuk keraguan, pengakuan internet sebagai kekuatan politik itu sendiri telah bergerak dari diskusi teoritis akademis dengan realitas nyata keras. Lawrence Lessig menggambarkan rasa kebingungan yang mendasari umum dengan menggunakan metafora menghantui "raksasa" saat menjelaskan web sebagai kekuatan politik:
"Untuk pertama kalinya, internet telah diambil pada ekstrimis Hollywood dan menang Dan bukan hanya dalam pertarungan dekat:... Kekuatan ditunjukkan oleh aktivis internet adalah liar lebih besar dari Hollywood, pelobi kekuasaan bisa mengumpulkan Mereka terbangun raksasa Mereka memilikitidak ada petunjuk tentang betapa marah raksasa yang bisa. "
Namun, "18 Jan pemadaman" kemenangan menjamin "internet" apa-apa. Sementara Clay Shirky menjelaskan beberapa hari sebelum pemadaman, bukan akhir dari perjuangan ini, insiden Sopa / PIPA adalah salah satu bab dalam proyek yang lebih besar dari internet melumpuhkan untuk menghilangkan otonomi:
"Hal yang sulit adalah ini: bersiap-siap, karena lebih akan datang Sopa hanyalah sebuah pengembalian COICA [Memerangi Pelanggaran Online dan Pemalsuan UU], yang diusulkan tahun lalu, yang tidak lulus Dan semua ini akan kembali ke.. kegagalan DMCA [Digital Millenium Copyright Act] untuk berbagi melarang sebagai sarana teknis Dan DMCA kembali ke UU Home Recording Audio, yang ngeri industri tersebut. (...). PIPA dan Sopa tidak keanehan, mereka tidak anomali , mereka tidak peristiwa Mereka giliran berikutnya dari sekrup tertentu, yang telah berlangsung 20 tahun sekarang.. Dan jika kita mengalahkan ini, karena saya berharap kami lakukan, lebih banyak akan datang. "
Proyek undang-undang perusahaan untuk secara bertahap sesak napas kehidupan di web berikut strategi ganda: pertama, untuk mendapatkan inci demi inci medan dengan menyusun undang-undang ridiculously melumpuhkan hanya untuk "nada turun" - membuat legislator melihat koperasi dan murah hati - sementara masih memajukan agenda kecil. Kedua, untuk secara bersamaan mengejar tindakan beberapa peraturan dibuat diam-diam dengan harapan bahwa beberapa dari mereka akan diperhatikan, sehingga menciptakan landasan baru bagi masa depan reformasi lebih lanjut. Ini adalah prinsip desain Sopa / PIPA suite, dilengkapi dalam skenario global dengan Acta (Anti-Pemalsuan Perjanjian Perdagangan) perjanjian. Keberhasilan, sampai sekarang, dari strategi ini adalah mengapa kondisi tidak dapat diterima seperti keterbatasan teknis dikenakan pada media player oleh DMCA bahkan tidak diperdebatkan lagi.Sebagai catatan Shirky, apa terus-menerus dalam bermain selalu seberapa dalam "giliran berikutnya sekrup" akan pergi.
Kode dan perangkat keras mengubah kita sebanyak yang kita mengubahnya. Karena kita tidak bisa uninvent internet, kita perlu memastikan itu adalah web sehat mungkin. Kode sehat dan komputer sehat sangat penting untuk masyarakat yang dibentuk oleh kode dan komputer. Sebagai Jerman yang baru saja mati filsuf Friedrich Kittler mengatakan: "Kode - dengan nama dan oleh materi - adalah apa yang menentukan kita saat ini, dan yang harus kita mengartikulasikan jika hanya untuk menghindari menghilang di bawah mereka sepenuhnya."
Inilah sebabnya mengapa kita harus belajar dan memahami bahwa kerja dalam jaringan kami, komputer, perangkat mobile, mesin pencari, dan media sosial adalah masalah yang menjadi perhatian publik - bukan hanya pemegang saham perusahaan, insinyur disewa, dan politisi.
Bahkan saat pertempuran diperlukan hari terus diperjuangkan, ini aktor politik baru yang kita sebut "internet itu sendiri" perlu juga mulai berpikir beberapa langkah ke depan. Pertahanan Abadi menjamin kekalahan bertahap. Sebagai kualitas kapasitas internet untuk memusyawarahkan dan memobilisasi sophisticates, harus mulai untuk menggambarkan batas yang jelas dari apa yang tidak bisa ditawar, tak terpikirkan dan seterusnya bermain politik dalam hal perusahaan / negara undang-undang. Tapi kita tidak akan dapat selalu segera mengenali apa yang merupakan kekerasan, penyiksaan dan kecabulan dalam undang-undang internet kecuali pertama-tama kita teliti menjawab satu pertanyaan sederhana:
Apa itu internet?
Hidup dalam jaringan
Bertanya "Apa itu internet?" membawa kita kembali ke kami gambar "internet adalah di sini" di atas. Gambar luar biasa karena tidak menunjukkan internet seperti biasanya dijelaskan, internet teknis dipahami sebagai rangkaian komputer.Sebaliknya, kita melihat satu himpunan individu, dan simbol agak dimengerti. Kita mungkin bertanya: jika internet tidak komputer, apakah orang itu? Ya, dan tidak. Karena mereka datang "dari internet", kelompok pengunjuk rasa pada gambar memperoleh semacam menakutkan kekuasaan. Judul "internet adalah di sini" menyiratkan bahwa mereka hanya sebagian terlihat dari sesuatu yang lebih besar, "raksasa" yang juga mencakup jumlah yang tak terbayangkan komputer dan lapisan beragam dari Kode, baik budaya dan teknis. Kode sekarang berada di otak dan tubuh sebanyak di prosesor dan hard drive. Individu-individu tertentu yang ada di representasi dari mereka yang tidak bisa hadir, tetapi juga dalam representasi dari padang gurun tebal kode dan mesin yang mengikat mereka bersama-sama.
Hal yang mungkin jadi menarik jika kita kemudian bertanya: Apa yang terlihat seperti internet seperti yang terlihat oleh kode komputer? Dari perspektif protokol jaringan dan perangkat lunak, internet tampak seperti milyaran manusia, komputer dan perangkat transmisi yang karyanya memungkinkan mereka (kode sendiri) untuk mengedarkan, memperbanyak dan berkembang. Dari namun perspektif lain, yaitu komputer, internet akan muncul menjadi avalanche pesan, permintaan dan instruksi yang datang dari port komunikasi dan dari, mouse nya kamera keyboard, atau mikrofon seperti yang biasa digunakan oleh manusia.
Internet maka dapat dipahami sebagai entitas hibrida besar, atau sebagai sosiolog ingin mengatakan "satu himpunan", aktor yang beragam baik manusia dan non-manusia. Para pelaku ini adalah:
Manusia, meliputi diri biologis mereka dan budaya dan institusi.Hardware, termasuk komputer, perangkat mobile, fasilitas penyimpanan massa, peralatan transmisi, kabel melintasi samudra, dan sebagainya.Kode, termasuk padang gurun luas yang terus berkembang protokol dan perangkat lunak.Hanya dengan memahami bahwa internet adalah keterikatan dalam perangkat keras, perangkat lunak dan wetware (kita, entitas biologis lainnya, dan planet ini), bahwa respon cukup kuat terhadap ancaman yang dihadapi akan diartikulasikan. Mereka semua berbaur bentuk kehidupan baru, internet, bahwa sekarang telah mengembangkan kedewasaan untuk menggulingkan pemerintahan yang (relatif) Mesir lemah dan mempertahankan diri dari ancaman yang datang dari Kongres AS.
Badai yang sempurna berlawanan daerah etis abu-abu, internet adalah logam, kode dan daging mencari harmoni. Harmoni ini hanya akan datang sebagai potensi penuh dari himpunan tersebut direalisasikan, seperti (dan jika) itu mengatasi lampiran yang berisi itu: mandat kapitalis keuntungan dan akumulasi, ketakutan manusia modern dan kepicikan, dan batas-batas teritorial buatan dikenakan oleh konsep dari Westphalia negara-bangsa.
Hidup!
Norbert Wiener, salah satu ilmuwan AS terkemuka abad kedua puluh, mempelajari dinamika umpan balik informasi dalam dan di antara sistem yang beragam dan organisme. Karyanya pada keterlibatan informasi ini, di mana umpan balik informasi ditentukan negara masa depan untuk pengiriman dan penerimaan entitas, membuatnya ide mengejutkan: bahwa kehidupan itu sendiri adalah, dalam analisa terakhir, serangkaian aliran informasi yang mengikat entitas yang beragam melalui umpan balik: " Setiap organisme disatukan dalam aksi ini dengan kepemilikan sarana untuk, akuisisi penggunaan, retensi transmisi, dan informasi. "
Definisi supra-biologis, atau machinic, hidup menyebabkan kemajuan besar dalam ilmu komputer yang akhirnya secara kritis dengan penemuan internet.
Tantangan politik utama yang pembela internet harus hadapi saat ini adalah untuk mengamankan kesehatan yang berlangsung selama ini hibrida hidup-bentuk yang terbuat dari logam, kode dan daging.
Para imajiner kolektif global yang semakin menggoda dengan pengertian internet sebagai sesuatu yang hidup. Dalam pengertian ini, ekspresi seperti kekhawatiran Yochai Benkler tentang bagaimana undang-undang secara efektif dapat "membunuh" teknologi memperoleh dimensi etika yang lebih nyata. Namun, jarang bahwa pertimbangan etika tentang kehidupan machinic terjadi. Hal ini masih relatif tidak kontroversial untuk menyerang sebuah protokol jaringan karena segala sesuatu tentang tampaknya sepele moral: Bukankah itu semua buatan pada akhirnya? Dilihat sebagai akibat dari kekuatan budaya, ekonomi dan politik manusia, kehidupan machinic tampaknya enslavable.
Etika dalam dunia ini, harus ditekankan, tidak tentang apa yang baik mesin dapat lakukan untuk kita, dan bahkan bukan tentang bagaimana kita dapat menggunakan mesin untuk melakukan yang baik - karena kita sesungguhnya bagian dari mesin, bagian dari kehidupan -bentuk. Ini berarti membuat seluruh himpunan sehat bagi semua bagiannya dengan meningkatkan "cara untuk, akuisisi penggunaan, retensi transmisi, dan informasi", di dalam dan di antara tiga aktor.
Sebuah web yang sehat adalah untuk kepentingan kita - dan pendekatan yang wajar saja, karena jaringan sebenarnya adalah organisme yang lebih besar di mana kita tertanam. Datang untuk berdamai dengan itu dan membuat perdamaian dalam adalah membuat kedamaian bagi diri kita sendiri. Refleksi ini memiliki implikasi nyata tak terhitung jumlahnya. Misalnya, dengan mencatat bahwa daftar perusahaan co-menulis dan melobi Sopa, PIPA dan Acta meliputi tidak hanya hiburan tapi juga perusahaan-perusahaan farmasi, jelas bagaimana kesehatan manusia terkait dengan kesehatan jaringan dengan cara yang sangat nyata.
"Dengan penurunan kapitalisme negara, pemerintah dan perusahaan kapitalis sekarang bermimpi internet sebagai alat untuk pertumbuhan perusahaan melalui ontologis kolonialisme, bebas untuk memperluas dalam pikiran dan planet ini, memanfaatkan semua orang sama."
Dalam pidato yang terkenal sebelum tahun terakhir eG8 KTT, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy menyatakan bahwa "internet adalah perbatasan baru, sebuah wilayah untuk menaklukkan".Hal ini, untuk memulai dengan, sangat tentang belajar abad ke-21 bahwa Prancis masih memiliki presiden yang percaya bahwa "wilayah" dan "menaklukkan" adalah kata-kata yang secara alami pergi bersama-sama. Sarkozy kemudian menjelaskan bagaimana "wilayah" "tidak dapat menjadi Wild West". Dia datang menyakitkan dekat dengan mengungkapkan proyek benar: "menaklukkan" web untuk kapitalisme Barat liar. Dengan penurunan negara kolonialisme, pemerintah kapitalis dan perusahaan sekarang mimpi dari internet sebagai alat untuk pertumbuhan perusahaan melalui ontologis kolonialisme, bebas untuk memperluas dalam pikiran dan planet ini, memanfaatkan semua orang sama.
Proyek ini terus tersandung karena gagal untuk mengenali sifat sesungguhnya dari internet, yang diperlukan untuk melawan.Internet bukanlah wilayah yang akan ditaklukkan, tapi hidup harus dipertahankan dan dibiarkan berkembang bebas. Jika kita berhasil mencapai kata sepakat dengan gagasan hidup dalam belitan logam, kode dan daging, kehidupan aneh yang itu sendiri berbeda dari bagian-bagiannya, kita masih harus melangkah lebih jauh. Jaringan hidup itu sendiri dimasukkan dalam sistem kosmik yang lebih besar, pertama sebuah planet yang hidup yang dapat memberikan jumlah terbatas logam langka untuk membuat mikroprosesor, dan energi dalam bentuk sumber makanan dan listrik bagi manusia dan mesin masing-masing - dan lebih lanjut, matahari yang pada akhirnya menyediakan planet dengan energi tanpa yang semua ini akan ada.
Media sarjana Cubitt, Hassan dan Volkmer advokasi untuk perspektif ini dalam istilah berikut:
"Kita harus merangkul lebih dalam ketidakpastian yang timbul dari membebaskan teknologi dari sikap tunduk dengan tujuan hanya instrumental keuntungan manusia ... Kami mungkin mulai melihat suatu politik luar jaringan di mana manusia dan non-manusia, hidup dan tak hidup yang terhubung untuk saling menguntungkan. "
Berpikir dari web dalam hal hidup machinic penting dalam praktek untuk tiga alasan kuat: Pertama, menuntun kita melalui pembangunan model politik yang mencakup manusia dan non-manusia, suatu politik untuk keanekaragaman radikal namun damai dibutuhkan sekarang lebih dari pernah. Kedua, memperkenalkan dimensi etis bawah isu-isu yang tampaknya netral, yang memungkinkan pertahanan kuat untuk masalah seperti berbagi dan peer-to-peer praktek yang bergantung pada tanaman sehat dan hardware sehat. Ketiga, pendekatan yang beroperasi pada skala apapun, memungkinkan kita telah bernuansa namun posisi konsisten terlepas dari apakah kita memperdebatkan labirin mikroskopis dari chip komputer (logam), sifat tidak berwujud dari BitTorrent atau protokol Bitcoin (kode) , atau dampak global WikiLeaks (daging).
Hak internet
"Internet itu sendiri memiliki hak."
Dari pemahaman internet sebagai bentuk kehidupan yang ada di bagian manusia, berarti internet itu sendiri memiliki hak. Hak-hak ini harus dibuat dari awal, berpikir secara simultan dalam hal hak-hak logam, kode daging, dan. Dengan kerangka ini kita dapat mulai membangun penghalang abadi secara permanen mencegah serangan diam-diam pada kehidupan di jaringan, seperti yang digunakan oleh massa Sopa.
Apa yang akan penghalang ini terlihat seperti? Mungkin sebagai sebuah perjanjian multinasional, organisme multi-pihak, dan pernyataan dari "Hak Internet", mengikuti teladan tahun 2011 deklarasi terobosan Bolivia hak lingkungan.
Melalui kerangka ini, misalnya, kita dapat memahami DMCA, yang mengamanatkan atrofi media player, seperti undang-undang yang melanggar hak-hak perangkat keras. Sopa dan PIPA, yang mencoba untuk menculik untuk uang tebusan DNS sudah tidak sempurna (Domain Name Service) protokol, sebagai melanggar hak-hak kode. Acta, terlepas dari proses demokratis di bawah selubung "perjanjian dagang" negosiasi, dan diciptakan oleh negara-negara kuat untuk mengunci dominasi mereka atas seluruh dunia, adalah dalam pengertian ini yang melanggar hak ganda dari daging (kemanusiaan yaitu).
Keragaman melekat web, yang berjalan bahkan melampaui keragaman manusia, karena itu akan membutuhkan kelompok sama beragam membahas hak-hak ini. Tidak hanya Barat, tidak hanya vendor dan anggota legislatif, tetapi juga ilmuwan, programmer, humanis, antropolog, internet masyarakat sendiri, dan dalam perwakilan umum dari semua pemangku kepentingan manusia dan bukan manusia perlu datang bersama-sama untuk menyusun hak-hak ini diperlukan untuk abadi kesehatan dari web.
Perlu dicatat bahwa proyek dari "Hak Internet" piagam benar-benar berbeda dari undang-undang Eropa baru-baru yang menyatakan bahwa internet adalah "hak manusia". "Hak Internet" berangkat dari naluri anthropocentrist modern. Sebaliknya, mereka bercita-cita untuk mempertahankan keragaman hardware, software dan wetware, untuk saling menguntungkan.
Hal ini menjadi lebih jelas setiap hari bahwa evolusi sehat dan kuat dari internet memegang revolusi menyeluruh bagi masyarakat manusia. Ini evolusi dan revolusi adalah apa yang menarik kalimat "perbatasan elektronik" berarti, dan hak untuk meraih itu adalah patut diperjuangkan.
Catatan: Seperti saya menulis ini, beberapa inisiatif untuk menggembleng kekuatan internet telah diluncurkan. Berikut ini adalah terakhir internet asli proyek politik yang mirip dalam banyak cara untuk ide-ide dijelaskan di sini:
- Piagam untuk Inovasi, Kreativitas dan Akses Pengetahuan 2.0.1 - Warga dan Artis 'Hak di Era Digital
- UU proyek internet gratis, sebuah proyek yang dimulai oleh pengguna internet Reddit untuk menulis undang-undang hak yang akan dipresentasikan kepada kongres AS
- Juga dimulai oleh pengguna Reddit, PAC Reddit, sebuah kelompok advokasi politik untuk memajukan kebebasan internet dan isu-isu terkait
-The EGAIS (pemerintahan Etis muncul teknologi) Proyek
Nicolás Mendoza adalah seorang sarjana, seniman dan peneliti di media global dari The University of Melbourne dan anggota dari Yayasan P2P. Karya terbaru Nya dapat ditemukan di sini.
Ikuti dia di Twitter: @ nicolasmendo
Pendapat yang dinyatakan dalam artikel ini adalah penulis sendiri dan tidak mencerminkan kebijakan editorial Al Jazeera.
Sumber: Al Jazeerahttp://www.aljazeera.com/indepth/opinion/2012/02/201228715322807.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar